Jumat, 16 November 2012

EXO 12 Member Boyband dari SM Entertainment


100 Days of Promotion
EXO, boyband rookie tahun 2012 ini telah debut dengan sukses di bawah naungan SM Entertainment. EXO terdiri dari 12 member dan dibagi menjadi dua subgrup; EXO-K dan EXO-M, dimana EXO-K fokus promosi di Korea dan EXO-M di Cina dengan bahasa yang disesuaikan. Bagaimana asal mula grup yang terdiri dari member Korean-Chinese ini terbentuk?
SM Entertainment mencanangkan strategi awal yang cukup baik untuk memperkenalkan EXO kepada netizen dengan mengeluarkan 23 video teaser selama 100 hari sebelum mereka debut. Teaser tersebut mengungkapkan 12 member yang akan membentuk EXO.
Member pertama yang diperkenalkan adalah Kim Jongin, atau nama panggungnya, Kai. Di teaser pertama ini, Kai yang memakai jubah hitam dengan kemeja putih didalamnya menunjukkan kemampuan menarinya diiringi lagu My Lady. Teaser kedua, Kai bersama dengan member kedua, Luhan kembali menunjukkan kemampuan menari diiringi lagu Time Control.
Member ketiga, Huang Zitao, atau disebut Tao. Selain menari, Tao memiliki kemampuan pada olahraga asal Cina, Wushu. Keahlian tersebut memperlihatkan kemampuan Tao untuk melompat sangat tinggi dengan diiringi lagu berjudul Metal.
Member keempat yaitu Kim Jongdae, nama panggungnya Chen. Ia pertama kali diperkenalkan melalui foto teaser yang juga dikeluarkan oleh SM Entertainment bersamaan dengan beberapa video.
Teaser ketujuh, lagi-lagi Kai ditemani satu orang member baru yaitu Oh Sehun. Mereka kembali menunjukkan kemampuan menarinya dengan diiringin lagu Run and Gun. Teaser kesepuluh, tak kalah keahlian menarinya dengan para member lain, member berikutnya yaitu Zhang Yixing yang berasal dari Cina atau nama panggungnya yaitu Lay, diiringi dengan lagu Phoenix.
Kemudian Kai muncul kembali dengan member baru yaitu Kim Minseok yang berwajah seperti anak kecil. Kali ini mereka tidak menampilkan kemampuan menari lagi, melainkan menunjukkan tampilan mereka yang patut dijadikan idola besar nantinya, dengan diiringi lagu Let Out the Beast. SM Entertainment kemudian memperkenalkan D.O dan Suho yang terlihat sangat tampan dengan diiringi lagu Reflection pada teaser ke-16.
Sampai saat ini, member inilah yang paling keras diteriakkan oleh para fans. Ia adalah Wu Yi Fan atau Kris. Ia memiliki postur tubuh seperti model. Melalui teaser yang ke-17 ini, Kris dengan pakaian serba putih diiringi dengan lagu Angel.
Lagu Beautiful melengkapi keindahan teaser ke-19 yaitu munculnya Lay, Chen, dan Baekhyun dalam satu video. Teaser ke-20 yang juga memperkenalkan member terakhir yaitu Park Chanyeol. Di video teaser menunjukkan Chanyeol yang sedang mencari sesuatu di sebuah ruangan yang diiringi lagu berjudul El Dorado. Lompat ke teaser terakhir yaitu teaser ke-23 yaitu Kai dengan 11 member lainnya menari untuk lagu Angel oleh EXO-K.
Setelah kemunculan ke-23 teaser tersebut, SM Entertainment merilis MV History dalam dua versi yaitu Korean dan Chinese, yang juga mengungkapkan siapa saja member yang termasuk dalam EXO-K dan EXO-M. Di situlah terungkap kalau member EXO-K terdiri dari Kai, Sehun, D.O, Suho, Baekhyun, dan Chanyeol, lalu EXO-M yaitu Luhan, Tao, Chen, Lay, Xiumin, dan Kris.
Showcase & TV
EXO menutup rangkaian teaser mereka dengan sebuah pengumuman dari SM Entertainment yang mengatakan bahwa akan diadakannya debut showcase. Debut showcase tersebut dilaksanakan selama dua hari; hari pertama di Korea, sedangkan hari kedua di Cina.
Leader Super Junior, Leeteuk, menjadi MC untuk debut showcase di Korea, membuat para fans yang hadir histeris ketika ia muncul di atas panggung. Leeteuk pun memanggil para member EXO untuk sesi interview, di mana beberapa pertanyaan dari para fans seluruh dunia akan dipilih untuk dijawab. Showcase tersebut diakhiri oleh penampilan semua member EXO dengan lagu debut mereka, MAMA.
Minggu, 8 April 2012 merupakan hari yang bersejarah lainnya bagi ke-12 member EXO. Ya, pada hari itu mereka memulai promosinya fokus di negara masing-masing.
EXO-K yang bertanggungjawab untuk melakukan promosi di Korea, debut melalui program musik SBS Inkigayo. Di acara tersebut mereka membawakan dua penampilan yaitu MAMA dan History.
Fanchants yang begitu kencang terdengar ketika pertama kali Kai membalikkan badannya menghadap penonton sambil menyanyikan partnya di History. Strategi perkenalan yang maksimal dan adanya showcase sebelum mereka debut memberi dampak yaitu keberhasilan pada debut stage mereka ini.
Di sisi lain, pada hari yang sama, EXO-M yang bertanggungjawab untuk melakukan promosi di Cina juga melakukan debut mereka di sebuah acara penghargaan di Cina, 12th Yinyue Fengyun Bang Awards. Tak kalah ramainya dengan para penonton EXO-K, dukungan yang ditujukan kepada EXO-M juga begitu kencang. Kemampuan menari dan menyanyi mereka yang begitu kompak berhasil menaklukkan ratusan fans baik dalam negeri maupun internasional.
Aktivitas Pasca-Debut
Selepas hari debut mereka sebagai sub-grup, EXO-K dan EXO-M memiliki jalannya sendiri dalam beraktivitas.
EXO-K, tak perlu ditanya lagi, melakukan promosi single mereka ‘MAMA’ di acara-acara musik di berbagai stasiun televisi, seperti SBS Inkigayo, KBS Music Bank, dan MBC Music Core. Mereka menggelar rangkaian acara fansigning di berbagai daerah, dengan diawali pada tanggal 20 April 2012 di HOTTRACKS di Gangnam.
EXO-K juga melakukan sejumlah interview dan pemotretan untuk berbagai media, seperti Dispatch, 10Asia, dan Newsen. Selain itu, EXO-K juga melakukan rangkaian promosi ‘Genie’ sebuah aplikasi berteknologi augmented reality (AR), aplikasi tersebut mampu membuat para penggunanya merasakan berdansa dan berpose bersama para member EXO-K. EXO-K Chanyeol, Baekhyun, Kai, dan Sehun menjadi cameo dalam MV sub-grup Girls Generation – TTS ‘Twinkle’. Walaupun hanya tampil untuk beberapa detik, kemunculan member EXO-K dalam MV ini mampu membuat orang-orang mulai melirik para ‘alien’ ini.
Sementara itu di China, para member EXO-M menjalani aktivitas yang berbeda, yang lebih banyak mengekspos EXO secara interaktif dalam bentuk interview. EXO-M muncul pertama kali sebagai tamu di acara Sina Star Show pada 10 April lalu yang diikuti berbagai talkshow lainnya, seperti Sohu Star Chat, Youku Interview, dan Yin Yue Tai. Dua minggu setelah debut, tepatnya tanggal 25 April, para member EXO-M bertolak ke Changsa untuk melakukan recording acara variety show pertama mereka, ‘Happy Camp’, di mana para member tampil untuk membawakan single mereka, juga bermain dan menunjukkan kemampuan individual mereka. Sementara itu dua hari kemudian, selama tiga hari berturut-turut EXO-M menjadi guest star di acara Supershow 4 Live in Jakarta, membawakan dua buah lagu, yaitu ‘MAMA’ dan ‘History’. Indonesia menjadi negara pertama di luar China dan Korea yang dikunjungi oleh EXO-M, bangga ya!
Sementara itu, pada tanggal 20 Mei, EXO-K dan EXO-M tampil sebagai EXO di perhelatan akbar dari gabungan para artis satu manajemennya untuk pertama kalinya, SMTOWN Live in Los Angeles. Hal ini memantapkan posisi EXO sebagai debutan termuda SM Entertainment yang siap untuk menaklukkan pasar musik Asia.
DISCOGRAPHY
Digital single
2012
What Is Love
(Korean and Chinese Ver.)
Rilis 30 Januari 2012
History
(Korean and Chinese Ver.)
Rilis 9 Maret 2012
Mini album
2012
MAMA (Kor and Chi ver)
‘MAMA’ First Mini
Album Tracklist :
1. MAMA (4:31)
2. What Is Love (4:22)
3. History (3:32)
4. Angel (3:01)
5. Two Moons (3:03)
6. Machine (3:26)
Soundtrack
2012
I AM OST
Dear My Family (5:25)
as a part of SMTOWN
Sumber : http://majalahasianhits.wordpress.com/2012/11/16/exo-12-member-boyband-dari-sm-entertainment/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar