Senin, 23 April 2012

Sejarah Boyband di Asia

Fahrenheit - Taiwan

Secara umum, boyband adalah sekumpulan remaja pria (umumnya berjumlah 5 orang) yang tergabung dalam suatu band yang keseluruhan personelnya mampu bernyanyi, secara individu maupun berkelompok, tanpa harus memainkan alat musik. Konsep seperti ini pertama kali muncul pada dekade 1960 dengan melejitnya; The Jackson 5, The Osmonds, dan The Monkees. Pada saat itu ketiga boyband ini hadir dengan mengusung musik R&B, mampu menguasai tangga lagu Amerika Serikat berkat single demi singlemereka dan menghasilkan album yang mampu mencapai penjualan multi-platinum. Akan tetapi, kejayaan mereka tak bertahan lama karena pada periode selanjutnya Rock and Roll merampas “kekuasaan” mereka lewat musik abadi dari Elvis Presley dan The Beatles. 


Revolusi musik terus berjalan dan boyband sudah kurang memiliki taji di dunia barat. Di dekade kedua abad 21, jamur boyband bermigrasi ke kawasan Asia Timur, Jepang dan Korea Selatan memimpin era ini. 


Johnny Kitagawa, adalah pelopor Boyband di kawasan Asia. Ia juga mendapatkan 2 penghargaan dari Guiness Book of Record. Johnny & Associates, atau dikenal di Jepang sebagai Johnny's Jimusho (株式会社ジャニーズ事務所 Kabushikigaisha Janīzu jimusho, Perseroan Terbatas Kantor Johnny) adalah perusahaan bisnis hiburan yang didirikan Johnny Kitagawa pada tahun 1963 untuk melatih dan mempromosikan kelompok musik pria di Jepang. Kelompok musik terkenal yang dilahirkan perusahaan ini:

1962: Johnnys
1967: Four Leaves
1971: Hiromi Go
1971: Yoshiro Uchida
1973: Teruyoshi Aoi
1975: Johnnys Junior Special
1975: Junichi Inoue
1975: Jo Toyokawa[15]
1975: Yoshitsugu Tonoi
1976: Yasuaki Moriya
1976: Mitoyu
1977: Mayo Kawasaki
1979: Satoshi Akagi
1980: Toshihiko Tahara
1981: Shibugakitai
1981: Ippei Hikaru
1983: The Good-Bye
1985: Shigeyuki Nakamura
1987: Hikaru Genji
1987: Otokogumi
1990: Ninja

Artis sekarang



Di awal 2000-an ada F4, boyband asal Taiwan yang mampu menghipnotis seluruh penggemarnya di penjuru Asia dan mereka juga mengisi soundtrack untuk film kartun Disney, Lilo & Stitch. Saat ini Super Junior, 2PM, Arashi, SMAP, dan SHiNee menjadi penguasa di negerinya masing-masing dengan konsep boyband.
Tapi ada yang berbeda antara boyband dari kawasan Asia dengan boyband asal barat, diantaranya;

  • Dari jumlah personelnya saja, bila boyband bule memiliki “kebijakan” tak tertulis yang mengharuskan boyband (setidaknya di awal terbentuknya) terdiri dari 5 anggota. Untuk boyband Asia mereka terkesan bebas menentukan jumlah personel, ada yang hanya berlima, bertujuh bahkan ada juga yang memiliki 10+ personel dalam sebuah band seperti Super Junior di Korea dan EXILE di Jepang.
  • Disadari atau tidak, kalau boyband Asia sebagian lebih menjual gerakan tari mereka. Sedangkan bila melihat sejarah boyband di Amerika Serikat dan Eropa, mereka lebih menjual kemampuan bernyanyi mereka, dan tarian hanya dijadikan pemanis dalam aksi panggung.
  • Dan yang terakhir, hampir seluruh boyband terkenal barat mampu mempertahankan eksistensi mereka lebih dari 10 tahun. Hal ini sedikit berbeda bagi boyband oriental yang rata-rata tidak bertahan lama, yang didasari oleh beberapa hal sehingga mereka membubarkan diri di tengah jalan saat popularitas tengah menghampiri mereka.

Sumber: google, wikipedia, kaskus



1 komentar:

  1. jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad


    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • Pin BBM D8B82A86
    •Pin BBM 2BE5BC31
    •Line : zoya_qq
    •WA : +85515370075

    CeritaSex: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/cerita-sex-di-kamar-mandi.html

    BalasHapus