1. Jembatan Banpo:
Jembatan Banpo
adalah sebuah jembatan besar di pusat kota Seoul di atas Sungai Han,
Korea Selatan, yang menghubungkan Seocho dan Yongsan. Jembatan Banpo
dibangun di atas jembatan Jamsu, membentuk jembatan dengan "dek ganda".
Selama periode curah hujan tinggi, Jembatan Jamsu dirancang untuk
mengalirkan air jika tingkat air sungai naik, karena dek bawah (jembatan
Jamsu) terletak dekat dengan permukaan air. Dek ini menggabungkan
pejalan kaki dan jalur sepeda yang menyediakan akses mudah ke Banpo
Hangang Park dari sisi utara sungai. Banpo Bridge selesai dibangun pada
tahun 1982.
2. Millau Bridge, Perancis:
Jembatan Millau
adalah jalan jembatan Vehicular Tertinggi di Dunia, dengan kabel sebagai
pendukungnya, yang membentang di atas lembah sungai Tarn dekat Millau
di selatan Perancis.
Menjulang setinggi 1.125 kaki, di atas
Lembah Tarn di selatan Perancis. Mengemudi kendaraan di sepanjang
Jembatan Millau dikatakan merasa seperti terbang. Jembatan Millau
memiliki total panjang 8.071 kaki. Singkatnya jembatan ini secara
besar-besaran mengesankan baik di atas kertas dan dalam kehidupan nyata.
Dek lofted pada 7 tiang dan berat 36.000 ton. Serangkaian 7
tiang-tiang, masing-masing 292 kaki tinggi dan berat 700 ton, yang
melekat pada tiang yang sesuai.
3. Henderson Waves (Singapore):
Henderson Waves
adalah jembatan penyeberangan yang panjangnya 274 meter (899 kaki).
Jembatan ini berada pada 36 meter (118 kaki) di atas Jalan Henderson,
itu adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Ini
menghubungkan Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park. Hal ini
dirancang oleh IJP Corporation, London, dan RSP Architects Planners dan
Insinyur (PTE) Ltd Singapore.
Jembatan ini memiliki bentuk
yang terdiri dari tujuh tulang rusuk baja bergelombang melengkung yang
bergantian naik di atas dan di bawah dek. Bagian melengkung membentuk
berfungsi sebagai tempat penampungan atau shelter dengan kursi. Bentuk
gelombang yang menyala dilengkapi dengan lampu LED untuk malam hari dari
jam 7:00-02:00 setiap hari.
4. Hangzhou Bay Bridge (China)
Hangzhou Bay Bridge
adalah sebuah jembatan jalan raya yang panjang dengan bagian kabel
terpasang sebagai pendukung, di Hangzhou Bay di wilayah pesisir timur
China. Ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang.
Panjangnya 35,673 km (22 mil), Hangzhou Bay Bridge adalah salah satu
jembatan trans-samudera terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan itu
selesai pada 14 Juni 2007. Jembatan itu tidak dibuka untuk kepentingan
umum sampai dengan 1 Mei 2008, setelah periode yang cukup pengujian dan
evaluasi. Jembatan memperpendek jarak perjalanan antara jalan raya
Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mil) untuk 280 km (174 mil ) dan
waktu tempuh berkurang 4-2,5 jam.
5. Oliveira Bridge (Brazil). Jembatan berbentuk-X Pertama Dengan Jalan Yang Menyilang
Jembatan Octavio
Frias de Oliveira dengan kabel terpasang sebagai pendukung berada di Sao
Paulo, Brasil diatas Sungai Pinheiros, dibuka pada Mei 2008. Jembatan
tingginya adalah 138 meter (453 kaki), dan menghubungkan ke Pinheiros
Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenue di daerah selatan kota.
Dek
jembatan tidak biasa karena bentuknya, yang mirip dengan "X", menyilang
di menaranya. "X" lebarnya adalah 76 meter di dasar dan 35,4 meter
lebar di bagian atas. Ini adalah satu-satunya jembatan di dunia yang
memiliki dua jalur melengkung didukung oleh sebuah tiang beton tunggal.
Dua trek melengkung, satu di ketinggian 12 meter dan yang lainnya di
ketinggian 24 meter, memiliki panjang masing-masing kira-kira 900 meter.
Lampu
dipasang pada kabel dan menerangi untuk menciptakan efek warna.
Jembatan ini juga menyala pada acara-acara khusus sepanjang tahun dan
sering digunakan untuk iklan mobil di televisi.
6. Chengyang Bridge atau Wind and Rain Bridge (China):
Chengyang Bridge
atau Chengyang Wind and Rain Bridge, adalah sebuah jembatan di Sanjiang
County, Liuzhou, Provinsi Guangxi (di ujung utara dari Guangxi),
Republik Rakyat Cina. Jembatan adalah di daerah minoritas Dong.
Chengyang
adalah jembatan tertutup atapnya dan salah satu dari beberapa Jembatan
di Fengyu daerah Minoritas Dong lokal. Jembatan selesai pada tahun 1912.
Ini memiliki banyak nama lainnya termasuk Yongji Bridge dan Panlong
Bridge.
Jembatan adalah kombinasi dari jembatan, koridor, veranda
dan paviliun Cina. Jembatan ini memiliki panjang total 64,4 meter, dan
koridor yang memiliki lebar 3,4 meter. Ketinggian bersih di atas sungai
sekitar 10 meter. Jembatan ini terletak di Chengyang, dan berfungsi
sebagai penghubung antara dua desa terpadat. Akibatnya, ada banyak lalu
lintas harian di jembatan ini.
Sumber : http://www.unikgaul.com/2013/01/6-jembatan-paling-indah-di-dunia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar