Selasa, 28 Januari 2014

7 Hal yang Kita Dapatkan Setelah Banjir



Banjir nggak cuma meninggalkan dampak lingkungan belaka, melainkan juga dampak sosial. Karena apa? Ya karena di lingkungan yang kebanjiran tersebut ada orang-orang tinggal di situ, dan mungkin juga kamu adalah salah satunya.

Kalau dipikirin sebagai musibah, banjir memang menyebalkan. Barang-barang di rumah jadi kebasahan, sekolah jadi libur (eh ini musibah atau hikmah yah?), lingkungan jadi kotor banget, jemuran nggak kering-kering, dan listrik mati. Tapi buat apa berlarut-larut, toh ada banyak hikmah yang sama seperti udang: bersembunyi di balik batu.

Bagi kamu-kamu yang merasakan banjir, semoga mendapatkan hikmah-hikmah kayak di bawah ini...

Jadi Dekat dengan Keluarga
Kalau rumah kamu kena banjir, pasti semua keluarga nggak bakal ke mana-mana juga kan. nggak ada yang saling ninggalin, kecuali untuk keperluan yang penting. Karena itu, banjir bikin kita menyatu dengan keluarga. Udah gitu, pas banjir kan biasanya listrik mati tuh, satu-satunya hiburan saat itu yaa ngobrol dengan keluarga.

Menumbuhkan Jiwa Sosial
Orang-orang yang tinggal di perumahan yang langganan banjir itu pasti jiwa tolong-menolongnya lebih tinggi, nggak terkecuali kalau itu perumahan elit sekalipun. Masa iya, kita nggak tolong-menolong dengan sesama tetangga, kita pasti mampir nanyain gimana keadaan barang-barang di rumah, terus ikut bantu-bantu ngangkat barang atau malah naik perahu karet bareng tetangga untuk ngambil sembako di posko.

Banyak di perumahan yang nggak pernah kena banjir, karena jarang tolong-menolong jadi jarang tegur sapa sama tetangga. Nggak usah tegur sapa, nama tetangganya siapa aja nggak tau, sampe Pak RT-nya siapa aja nggak tau. Parah emang.

Mendekatkan Diri ke Tuhan
Bencana membuat kita ingat pada Tuhan. Begitu pula yang terjadi kalau banjir. Senggaknya kita jadi banyak berdoa biar banjirnya cepet surut, atau biar rumah pacar kita nggak kena banjir juga.

Jadi Cinta Lingkungan
Banjir bikin kita sadar kalau ada yang salah dengan tata kelola lingkungan kita. selain itu, sedikit banyak kita jadi berintrospeksi tentang perilaku kita. yang biasanya buang sampah sembarangan pasti jadi malu sendiri tiap ngeliat banyak sampah ngambang pas banjir, karena dia adalah salah satu penyabab keberadaan sampah-sampah itu. Cuma kadang cinta lingkungannya sesaat aja, pas beberapa waktu abis banjir doang. Tapi semoga banyak juga di antara kamu yang cinta lingkungannya jadi selamanya karena udah dikasih ‘pelajaran’ berupa banjir.

Masuk TV
Selalu rapikan penampilanmu walau pun banjir, tetap mandi, dan jangan pake baju main kalau lagi banjir-banjiran atau lagi naik perahu karet untuk ke posko. Kenapa? Karena bakal banyak reporter TV yang mau siaran langsung. Kalau mau ngeksis-ngeksis dikit, inilah saatnya. Lumayan kan bisa dadah-dadah dan bisa kenalan sama reporter TV-nya kalau cakep. Kalau kamu beruntung, kamu bisa salam-salam sama request lagu juga.

Sumber Penghasilan Baru Bagi Sebagian Orang
Coba liat aja, di lokasi banjir biasanya banyak abang-abang yang bermunculan untuk membantu orang-orang yang lewat. Ada yang menjajakan jasa angkut motor pakai gerobak ada juga yang nawarin jasa benerin motor yang mogok. Kalau kamu mau juga bisa. Belum ada kan yang nawarin jasa pacar inval banjir?

Jadi Hemat
Listrik mati, kita jadi nggak make barang-barang elekronik. Untuk makan, biasanya juga kita dapet bantuan. Bisa ngambil di posko-posko. Kita juga pasti jarang pergi-pergi kan kalau banjir.

Namun temen-temen, bagaimana pun hikmahnya, banjir tetap harus dicegah. Ingat itu! Mulai sekarang, lebih sayang sama lingkungan ya! Terutama buat yang jomblo, pacar nggak ada, yang disayang lingkungan aja.
nyunyu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar