Minggu, 13 Januari 2013

4 Fenomena Alam Mengagumkan di Dunia


Alam memiliki banyak sekali hal yang luar biasa. Sebagian mungkin terasa biasa dan familiar, tapi banyak juga yang mengagumkan atau bahkan mencegangkan.
Di beberapa tempat, terdapat fenomena alam menarik yang jarang bisa dilihat di tempat lain. Fenomena alamini menunjukkan betapa misteriusnya alam dan begitu besarnya kuasa Allah Subhana Wa Ta’ala.
Dialam artikel berjudul 4 Fenomena Alam Mengagumkan di Dunia ini, Jurnal dan Informasi Online akan menyajikan 4 fenomena alam menarik di dunia beserta dengan penjelasannya. Baik, langsung saja ke 4 Fenomena Alam Mengagumkan di Dunia :
1. Morning Glory Cloud
fenomena alam - morning glory cloud
morning glory cloud
Fenomena alam pertama yang akan kita bahas adalah Morning Glory Cloud yang mana fenomena ini termasuk dalam fenomena alam yang langka dan jarang terjadi.
Morning Glory Cloud sering juga disebut Soliton Wave atau Solitary, hal ini dikarenakan fenomena alam ini memiliki bentuk seperti gelombang yang bergerak dengan kecepatan 60km/h.
Morning Glory Cloud pernah terjadi di teluk Carpentaria, Australia. Awan yang terlihat berbentuk memanjang, berada pada ketinggian 1 sampai 2 kilometer, serta memiliki panjang hingga 1000 kilometer.
2. Gelombang Beku
gelombang beku
gelombang beku
Fenomena alam yang satu ini terjadi di kutub selatan, Antartika. Penyebab utama terbentuknya fenomena alam menarik ini adalah adanya reaksi antara salju dengan kondisi yang ada di Antartika. Misalnya saja, sebuah gunung es jatuh ke laut kemudian menghasilkan gelombang.
Gelombang yang dihasilkan oleh jatuhnya gunung es tersebut akan bereaksi dengan salju dan membentuk gelombang beku. Gelombang beku juga bisa memiliki warna bermacam-macam, tergantung dari jenis alga yang dibawa gunung es yang jatuh (jika membawa alga).
3. Ice Circle (Lingkaran Es)
ice circle
ice circle
ice circle
ice circle 2
ice circle
ice circle 3
Fenomena alam yang satu ini bisa terjadi dimana saja, paling sering terjadi di daerah sungai berarus lambat. Yang terdokumentasi, Ice Circle pernah terjadi di Toronto, Canada pada tahun 1930.
Fenomena alam berupa lingkaran es ini hanya bisa terjadi pada daerah sungai atau danau beku yang memiliki arus lambat, atau bisa juga pada kelokan sungai. Dalam fenomena ini, arus pada kelokan menciptakan gerak rotasi. Gerak rotasi yang dihasilkan itu akan mematahkan bongkahan es dan memutarnya sehingga membentuk lingkaran-lingkaran sempurna. Selain di Toronto, Ice Circle juga pernah muncul di Skandinavia,Inggris.
Selain pada sungai berarus lambat, fenomena alam Ice Circle bisa juga terjadi pada sebuah danau yang di dasarnya terdapat sumber gas metana. Saat gas metana muncul ke permukaan, maka akan terbentuk pusaran air hangat. Ketika pusaran air mencapai permukaan danau,air danau melelehkan es sehingga terbentuklah lingkaran sempurna.
4. Api Terjun (Horsetail Falls)
horsetail falls
horsetail falls
horsetail falls
horsetail falls 2
Meskipun namanya api terjun, bukan berarti yang mengalir adalah kobaran api. Fenomena alam api terjun terjadi saat air jatuh dari ketinggian 2000 kaki. Air terjun mendapatkan efek cahaya dari sinar matahari yang akan terbenam sehingga terlihat seperti lava yang sedang mengalir jatuh kebawah.
Fenomena api terjun ini terdapat do Yosemite National Park, California, AS.
sumber : http://jasionline.com/fenomena-alam-mengagumkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar