Selasa, 08 Januari 2013

Sony Pensiunkan PlayStation 2

Konsol game PlayStation2 dari Sony.
Konsol game PlayStation2 dari Sony. (sumber: GamesScanner)

Sony secara resmi menghentikan produksi konsol game terlaris dunia itu.

Riwayat konsol PlayStation 2 dari Sony akhirnya tamat. Konsel game yang dijual untuk pertama kalinya pada Maret 2000 di Jepang itu secara resmi dihentikan produksinya oleh Sony.

Selama 12 tahun, PlayStation 2 menjadi konsol game terlaris yang pernah dijual Sony - juga menjadi konsol terlaris sepanjang masa dengan jumlah lebih dari 150 juta konsol terjual di seluruh dunia.

Begitu populernya PS2, membuat penjualan PlayStation 3 stagnan selama tiga tahun pertama sejak diluncurkan ke pasar pada November 2006.

Penghentian produksi PS2 tersebut memicu spekulasi bahwa Sony tengah mempersiapkan diri pada produksi konsol teranyar mereka PlayStation 4.

Menariknya kendati produksi piranti keras sudah dihentikan, games bagi PS2 akan tetap dibuat. Salah satunya adalah seri Final Fantasy - Seekers of Adoulin yang bakal dirilis pada Maret mendatang.

Secara keseluruhan diperkirakan 11 ribu judul game sudah dibuat untuk PS2 selama 12 tahun masa produksinya.

Menurut situs game Jepang Famitsu, Sony telah memberitahukan pengecer di Jepang bahwa mereka takkan lagi memasok PS2 di pasar domestik. Saat persediaan di pasar habis, maka takkan ada lagi PS2 yang dapat dipesan.

Sony sendiri belum memberitahukan apakah produksi PS2 juga dihentikan untuk wilayah lainnya.

Hingga saat ini Sony belum mengumumkan soal PS4 kendati rumor yang beredar konsol tersebut akan segera masuk ke pasaran pada pertengahan 2013. Mereka juga memberikan pengumuman resmi terkait detil spesifikasi PS4 atau kapan tanggal peluncurannya.

Sumber : http://www.beritasatu.com/gadget/90230-sony-pensiunkan-playstation-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar