Minggu, 13 Januari 2013

Update Status di Facebook dan Nge-Tweet di Twitter Mampu Pecah Konsentrasi Kerja


Apabila akhir-akhir ini Anda tengah tidak dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik, mungkin Anda perlu untuk meminimalisir segala bentuk gangguan pada tempat kerja Anda. Bahkan, pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa gangguan singkat dapat saja sepertiupdate Tweet di Twitter atau status di Facebook, mampu untuk menyabotase konsentrasi Anda dalam bekerja.
Untuk itu, para ilmuwan dari Michigan State University, melakukan sebuah penelitian terhadap 300 orang untuk dapat menyelesaikan suatu prosedur berbasis urutan pada komputer. Lalu, peneliti mengamati seberapa besar pengaruh dari gangguan ringan selama tes terhadap tingkat kesalahan pekerjaan tersebut.
Dan hasilnya, menunjukkan bahwa gangguan singkat yang meski hanya berlangsung sekitar tiga detika saja dapat membuat kesalahan hingga menjadi dua kali lipat. Penelitian tersebut kemudian dilaporkan pada Journal of Experimental Psychology: General, pada tanggal 7 Januari 2013 lalu.
Melihat hasil penelitian tersebut, tim peneliti pun cukup terkejut, pasalnya gangguan singkat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasil tes dalam pengujian tersebut.
“Penyebab naiknya tingkat kesalahan dalam pekerjaan ialah karena peserta harus mengalihkan perhatian dari satu tugas pada tugas mereka yang lain. Bahkan, interupsi sesaat saja dapat mengacaukan konsentrasi atau kinerja otak, apalagi, ketika otak benar-benar tengah membutuhkan konsentrasi yang optimal.” ujar pimpinan penelitian, Prof. Erik Altmann.
Beberapa interupsi singkat yang umum pada tempat kerja, biasanya seperti membaca email, memeriksa Twitter atau Facebook, membaca SMS, Chatting, atau bahkan aktivitas dari rekan kerja yang berada di samping Anda.
Peneliti menambahkan, bahwa potensi kesalahan yang disebabkan oleh gangguan sesaat tersebut dapat menjadi penyebab kesalahan fatal untuk orang-orang dengan profesi tertentu. Misalnya saja, dokter yang tengah melakukan operasi atau seorang pilot pesawat.
Salah satu solusi potensial agar segala pekerjaan yang tengah Anda kerjakan dapat berjalan dengan lancar ialah dengan cara meminimalisir gangguan yang terjadi di tempat kerja. Cobalah untuk menghindari membuka Twitter atau Facebook atau sosial media lainnya ketika Anda tengah berada di tempat kerja.
Periksalah email atau sms pada ponsel Anda ketika tengah menyelesaikan pekerjaan Anda atau ketika tengah jam istirahat. Menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja agar tumbuh tolenrasi antar sesama pekerja serta bersama-sama dalam menjaga ketenangan di ruang kerja.
Sumber : http://heraspost.com/2013/01/11/update-status-di-facebook-dan-nge-tweet-di-twitter-mampu-pecah-konsentrasi-kerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar