Minggu, 13 Januari 2013

7 Desain Gedung Unik di Dunia


Di dunia ada banyak sekali gedung-gedung megah yang memiliki desaintidak biasa. Beberapa dari gedung tersebut bahkan menjadi ikon Dunia. Beberapa gedung berikut ini mungkin belum menjadi Ikon dunia, namun rancangan-nya yang unik dan tidak biasa akan membuat anda terkesan. Berikut adalah Desain Gedung paling Unik di Dunia:

1. Menara Hashtag (Seoul, Korea)

hashtag
Ini adalah salah satu desain gedung yang sangat keren. Arsitektur Danish membuat sebuah apartemen yang  terlihat seperti tanda hastag (#). Bangunan yang memiliki bentuk hastag ini dibuat secara 3D serta memiliki nuansa urban yang sangat kental. 3 buah jembatan dibuat untuk menghubungkan 2 buah gedung. Di bagian bawah gedung memiliki nuansa yang mampu menarik semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua.

2. Gedung Gajah (Bangkok)

gedung gajah
Desain rancangan gedung ini dibuat di Thailand, bentuknya menyerupai se-ekor gajah yang terlihat dari samping. Bangunan unik ini di desain oleh Sumet Jumsai dan selesai pada tahun 1997.

3. Gedung Ren (Shangai)

ren
Desain gedung unik ini dibuat oleh PLOT, yang kemudian pecah menjadi 2 institusi yaitu BIG (Bjarke Ingels Group) dan JDS (Julien De Smedt). Proyek pembangunan gedung ini merupakan proposal untuk hotel, olahraga, dan tempat konferensi untuk World Expo 2010 di Shangha. Desain gedung cukup unik, yaitu 2 buah gedung berbentuk melengkung dijadikan satu pada bagian ujugnya. Bangunan pertama muncul dari atas air dimaksudkan untuk tempat olahraga. Sedangkan gedung kedua dimaksudkan sebagai tempat untuk tempat pelatihan semangat dan spiritual, sekaligus sebagai tempat untuk melangsungkan konferensi.

4. Gedung Swastika (California, US)

swastika
Desain gedung unik ini adalah milik Angkatan laut Amerika serikat. Gedung ini dibangun di Coronado, CA dan tanpa sengaja berbentuk swastika. Karena menghebohkan masyarakat, Angkatan laut berencana untuk merubah konstruksi bangunan tersebut dan diperkirakan akan memakan biaya $600,000.

5. Museum Nasional Zayed berbentuk Sayap (UAE)

zayed national museum
Satu lagi desain gedung yang tidak biasa. Gedung berbentuk sayap ini adalah Gedung museum Zayed yang didesain oleh Foster dan Partners. Gedung megah ini terletak di Abu Dhabi, merupakan museum pertama yang menampilkan sejarah, kebudayaan, sosial, dan ekonomi Emirat Arab. Gedung ini memiliki 5 konstruksi bangunan berbentuk sayap. Dengan desain yang khas, bangunan ini mampu mengatur suhu di dalamnya, sehingga lebih efisien karena tidak perlu listrik untuk menghidupkan pendingin ruangan.

6. Rumah Dansa (Czech Republic)

rancangan gedung dansa
Sama seperti namanya, desain gedung unik ini memang seperti orang yang sedang berdansa, dari atas ke bawah terlihat seperti meliuk-liuk. Gedung ini merupakan masterpiece arsitek di kota Prague. Nama gedung ini mulanya adalah Fred and Ginger (diambil dari nama sepasang penari yang cukup terkenal, Fred Astaire dan Ginger Rogers). Pembangunan gedung ini dilakukan pada 1992 dan dirancang oleh Arsitek berkebangsaan Kroasia-Ceko, Vlado Milunic. Pembangunan gedung ini memakan waktu 4 tahun, selesai pada tahun 1996.

7. Gedung “COR” (Miami, Fl)

cor
Sebuah desain rancangan gedung unik muncul di Miami, bangunan ini memiliki bodi yang ramping serta ramah lingkungan. Bangunan ini merupakan perpaduan antara arsitektur dan desain, Buro Happold dan Ysreal Seinuk. Seperti yang terlihat pada gambar, struktur gedung ini sangat tidak biasa. Rencananya gedung ini akan disewakan untuk tempat tinggal dan keperluan komersil. Bagunan ini memakai teknologi ramah lingkungan seperti turbin angin dan pemanas air bertenaga surya. Dengan berbagai kelebihan dan keunikan yang ditawarkan, harga sewa apartemen di gedung ini mencapai $400,000 hingga $2 juta. Dengan harga sefantastis itu, apartemen akan dilengkapi dengan berbagai furniture mewah dari Energy Star appliances, lantai kaca, lorong dari bambu, dll.
Sumber : http://jasionline.com/desain-gedung-unik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar